Thursday, August 16, 2012

Working Mom, anyone?

WM = Working Mom (ibu rumah tangga yang sambil berkarir)
FTM = Full Time Mom (ibu rumah tangga sepenuh-penuhnya)

Readers,

Beberapa waktu lalu gw sempet liat salah satu display picture temen gw di bbm yang isinya tentang betapa hebatnya Full-Time Mother, karena bisa merangkap segalanya (menurut sumber: jadi istri, jadi ibu, jadi tukang cuci, jadi koki, jadi tukang pijit, jadi pembantu, jadi bendahara, dll). Beberapa kali juga gw terlibat perbincangan semi panas sama sodara gw (a FTM with two kids below 5 y.o). Saat itu dia bilang, "lo enak banget sambil kerja, ngga pusing ngurus anak. Ga kaya gw nih ibu rumah tangga se-tangga-tangga-nya, ngurusin rumah, ngurus 2 anak badung2 ga bisa diem, belom lagi ngurus laki gw." Seolah-olah tersirat, jadi FTM itu lebih noble, tingkat kesulitannya lebih tinggi dibanding WM.

Hey jeung yang disana, taukah kamuuu?

Seorang ibu memilih jadi WM alasannya banyak, kebanyakan karena mendukung perekonomian keluarga. Menambah income bagi keluarga yang ujung-ujungnya supaya ada dana yang cukup untuk memberikan pelayanan terbaik buat anak, susu terbaik, mainan terbaik, sekolah terbaik, dsb.
Argumen ini seringkali dipatahkan dengan kalimat: "kenapa ga married sama orang kaya? jadi kan segala sesuatu serba tercukupi." .. eits, jangan generalisasi semua wanita seperti dirimu ya sayang.. gw pribadi (jujur sejujur-jujurnya) tidak menilai materi yang dimiliki (calon) pasangan sebagai hal mutlak yang menjadi pertimbangan untuk berumahtangga. Uang itu penting, tapi ketergantungan, dependency towards money sometimes bikin kita kehilangan cinta yang sebenarnya (cieileee.. kok jadi blog romantis gini kawan?). Coba aja liat berapa banyak rumah tangga yang kisruh gara2 uang?
So i have a state of mind, dimana gw harus indendent, harus berkontribusi terhadap keluarga gw dari segala sisi, selama gw masih produktif dan mampu.

Memilih jadi WM bukan (selalu) karena ga bisa or ga kuat ngurus anak. Gw pribadi lebih milih selalu ada di sisi anak gw, terutama dalam masa golden age-nya, masa pertumbuhannya, ketimbang ditemenin terus sama suster but i can't. Di kantor, pasti mikirin anak juga. Apalagi kalo anak lagi kurang sehat, mana bisa konsen di kantor? Dikit-dikit nelpon ke rumah, nanyain suster gimana keadaan buah hati tercinta. Buka2 foto or videonya di HP.. intinya we still love our kids so much wherever we are!

Jadi WM sama sekali bukan pekerjaan mudah! Tanpa bumbu men-diskreditkan FTM, gw memberikan kesaksian sebenar-benarnya (maybe other WM out there punya testimoninya sendiri2). Kesibukan gw, bangun pagi, siap2 ke kantor, lalu ngecek suster yang lagi masak makanan anak di dapur. Liatin bahan-bahan yang dia pake, nyobain makanannya, lalu balik ke kamar. Cium pipi dan jidat anak gw yang masih pules, sambil pasang barikade bantal guling yang banyak supaya dia ngga jatoh dari ranjang. Sampe di kantor, mulai ribet sama kerjaan, deadline ketat, bos yang lagi sensitif, temen kerja yang reseh, dan segala macem masalah di kantor.. belom lagi ngurus bisnis sampingan online shop gw (hahahaha, tambah 1 istilah BM, Business Mom). Customer nanyain paket ga sampe2, nawar harga ga pake perasaan, nanya detail soal produk.. hadeeeuhh macem2 dan pernak-perniknya. Sampe rumah setelah melalui perjuangan macet di jalan ditemenin asap knalpot bajaj yang memperpendek usia paru-paru gw, buka pintu langsung disambut sama senyumnya anak gw sambil jalan miring-miring (maklum belom stabil jalannya).. hati lgs terasa plengg.. ilang semua cape (sugesti yg gw tanamkan di diri). Abis itu mandi bersih2.. urus suami makan dan pekerjaan rumah lainnya. Sebelom tidur, maen sebentar sama anak.. 

Sedih banget kan, cuma bisa main sebentar sama anak karena dia udah kecapean main seharian.. 
Syukurlah anak gw bobo seranjang sama gw dan suami, jadi gw bisa deket dia sampe pagi. Setiap tengah malem dan jam 3, dia bangun minta susu.. so gw yang standby saat itu. Ga ada deh ceritanya tidur 8jam nonstop spt jaman waktu masih jomblo.. pasti ada interupsi bbrp jam sekali. Paginya, ulang lagi rutinitas spt itu.

See? being a working mother is also a challenge.
Kami dituntut oleh dua pihak to perform well, even better.
Keluarga menuntut harus bisa tetap jadi ibu dan istri yang baik
Kantor menuntut harus bisa tetap jadi karyawati yang baik

We also barely have time for ourselves, sulitnya shopping tanpa bawa anak, perawatan rambut dan tubuh yang sering terbengkalai, apalagi soal hobi.. jauhhhh banget dah kayanya.

So, WM dan FTM sama2 hard menurut gw.

We both women.. we have the same common issue.. respect each other

No comments: